Pengetahuan Dasar untuk Anak Usia Dini

Mempunyai anak yang cerdas dan pintar tentu saja akan sangat membanggakan, bagi orang tua maupun guru. Hal penting yang mendukung kecerdasan seorang anak ialah pendidikan yang di terima sejak kecil. Saat berusia 0 - 6 tahun merupakan usia dimana anak dapat dengan mudah menyerap informasi yang dia diterima, jadi pendidikan yang diberikan kepada anak dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak ke depannya. Adapun beberapa ilmu dasar yang dapat diberikan orang tua kepada anak di usia dini, yaitu: 

1. Mengenal huruf

Mengenalkann huruf pada anak adalah ilmu dasar penting yang harus diketahui anak sejak dini. Dengan mengenal huruf, anak akan mempunyai ilmu dasar dalam menulis dan berkomunikasi nanti saat belajar di TK.

2. Mengenal angka

Selain mengenal huruf, anak juga harus dikenalkan dengan angka. Sama pentingnya dengan huruf dimana segala aktivitas kita akan bertemu dengan angka angka, maka peran orang tua dalam pengenalan angka sangatlah penting supaya saat masuk TK atau sekolah anak bisa dengan mudah dan cepat belajar tentang perhitungan.

3. Mengenal bentuk

Pembelajaran dasar lainnya adalah pengenalan bentuk. Hampir setiap hari, berbagai macam benda dengan bentuk berbeda kita jumpai. Ada banyak bentuk, seperti kotak, lingkaran, segitiga, dan sebagainya. Mengenalkan jenis bentuk dapat dilakukan dengan balok permainan pada anak atau hal yang sederhana semisal mengenalkan bentuk dari berbagai benda di sekitar rumah.

4. Mengenal warna

Seperti halnya dunia yang penuh dengan warna, kenalkan kepada anak segala jenis warna - warni di sekitarnya. Perkenalkan warna warna dasar seperti merah, kuning, hijau, dan lain lain dengan  menunjukkan warna pelangi. Tujuan mengenalkan warna pada anak dapat melatih otak anak menjadi cerdas sejak dini.

5. Mengenal nama hewan, buah, benda

Banyak hal yang bisa diajarkan kepada anak tanpa harus belajar dari buku. Pendidikan dalam mengenal sesuatu yang ada disekitar kita juga sangatlah penting guna menambah wawasan yang luas kepada anak kita. Kenalkan nama nama seperti nama hewan, buah, dan benda. Perbanyak kosakata nama yang sering dijumpai di rumah, sehingga anak dapat terus mengingatnya. Dan semakin banyak kosakata yang dikenalnya, semakin cerdas anak sejak usia dini.

6. Mengenal nama alam sekitar

Selain pengetahuan yang ada dalam buku ataupun lingkungan dalam rumah, kenalkan juga pengetahuan tentang nama alam sekitar. Kenalkan nama nama seperti gunung, laut, sungai, taman, danau, langit, dan sebagainya. Atau bisa juga dengan mengajak jalan anak anak untuk mengenal lebih jauh lingkungan alam sekitar. Semakin anak mengenal lingkungan luar, semakin cepat perkembangan otak anak, karena dapat membuat keingin tahuan anak semakin tinggi.

Buatlah anak agar nyaman dalam belajar sehingga anak akan lebih mudah menyerap informasi, bisa melalui sebuah permainan tebak menebak atau permainan edukasi lainnya. Oleh karena itu peran orang tua sangatlah penting dalam pendidikan anak usia dini sebelum masuk sekolah. Karena dengan ilmu yang sudah didapat sejak usia dini, proses belajar anak akan lebih mudah dan cepat dalam mengenal pelajaran lainnya. Liburan anak berkualitas